Angka di Balik Pesta Juara Manchester United


Ewood Park menjadi tempat yang spesial untuk Manchester United pekan lalu. Di markas Blackburn Rovers itu, Wayne Rooney dkk memastikan juara Premier League 2010/11 sekaligus menjadi gelar liga ke-19 sepanjang sejarah Red Devils.
Tak hanya angka 19 yang bersejarah untuk United, namun pertandingan pekan ke-37 itu juga mencatat sejumlah angka-angka menarik untuk skuad Sir Alex Ferguson.

Rio Ferdinand mencatat 600 pertandingan sepanjang karirnya, termasuk bersama West Ham dan Leeds. Michael Carrick total memainkan 150 pertandingan di Premier League untuk Manchester United, sementara Ryan Giggs memainkan laga ke-573 yang menyamai rekor kiper veteran David James.

Rooney mencetak gol ke-15 musim ini dan gol ke-102 di Premier League untuk United, menyamai rekor gol Paul Scholes untuk Setan Merah. Peringkat pertama top skor United masih dipegang Ryan Giggs dengan total 105 gol.

Gol Brett Emerton ke gawang Tomasz Kuszczak merupakan gol ke-50 yang dialami United dalam 58 pertandingan di semua kompetisi musim ini.

United mengakhiri kompetisi sebagai juara liga, namun mereka hanya lima kali menang tandang, sama dengan Blackpool di peringkat 18! Ini merupakan kemenangan away paling sedikit yang dicapai United sejak musim 1990/91.

Dimitar Berbatov yang sebelumnya mencetak 21 gol di liga, pekan kemarin dikurangi menjadi 20 gol karena dari keputusan panel Premier League menetapkan gol Berba saat lawan Sunderland dianggap sebagai gol bunuh diri Anton Ferdinand.

Berba tetap berada di puncak pencetak gol terbanyak Premier League, namun koleksi golnya disamai Carlos Tevez yang mencetak dua gol saat City menang 3-0 lawan Stoke, Rabu (18/5) dini hari WIB. Total, Tevez kini telah mencetak 20 gol, sama dengan Berbatov.

Leave a Reply